Friday, September 5, 2014

Magang? Bukan!! Bersenang-senang? IYA!!

Holla!! This is my first blog post!! And this is about my last holiday. Mmm, sebetulnya bukan liburan juga sih. Karena libur kuliah selama beberapa bulan kali ini diisi dengan MAGANG!! Jadi memang udah jadi kewajiban untuk seluruh mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi UNS semester 6 untuk magang. Tujuannya? Kalo dari sisi akademis sih untuk menyelesaikan salah satu mata kuliah, tapi kalo buat saya pribadi magang ini waktunya buat cari ilmu, pengalaman dan kenalan baru J

Selama dua bulan, dari 7 Juli – 5 September saya magang sebagai Account Executive di Pop Cult, salah satu digital agency di Jakarta.  Tugasnya AE ini menghubungkan client sama agency. Kaya mak comblang ya? Huehehehe. Dan selama dua bulan itu banyaaak banget pengalaman yang saya dapet. Mulai dari meeting sendirian sama orang Jepang, lembur cuma berdua sama mas Deny sampe malem banget di kantor, ga tidur bikin deck presentasi yang di pagi harinya masih harus direvisi lagi, belajar materi presentasi di taksi, tewas di taksi sama mbak Oliv gara-gara belum makan sampe sore, ikutan pitching, banyak pokoknya!! Oh, yang paling unforgettable adalah nyaris mau dicemplungin ke kolam yang ada di kantor pas hari terakhir magang. Saya dikeroyok beberapa lelaki dewasa yang posturnya gede-gede. Tapi mereka ga kuasa nyemplungin saya yang badannya imut gini. Huehehehe.

Banyak banget ilmu yang saya dapet selama magang di Pop Cult ini. Di bawah bimbingan mas Akbar, mas Dito, mas Indra dan mbak Oliv yang sabar dan baik hati, saya belajar banyak hal tentang gimana cara kerja di sebuah agency. Dulu awalnya saya kepengen banget magang di agency multi nasional. Kan keren tuh kalo ditanya, “Magang dimana?” bisa jawab dengan sedikit congkak “Di Lowe!” atau “Di Leo Burnnet!” Tapi ternyata magang di agency lokal itu lebih seru daripada magang di agency multi. Kenapa? Karena di agency lokal, anak magang bener-bener dapet porsi kerjaan yang sama kaya karyawan tetap. Ga ada tuh ceritanya saya dapet kerjaan yang ecek-ecek. Bahkan sampe harus lembur-lembur segala :p

Bahkan di Pop Cult ini saya dipercaya megang 2 brand, Lotte Toppo ama Danar Hadi. Awalnya takut juga kalo ga bisa apa-apa atau kalo bikin kesalahan. Tapi namanya belajar kan pasti dari ga bisa dulu, jadi yaudah saya jalanin aja. Dan ternyata I really enjoyed it!! Pelan-pelan ngerti apa yang harus dilakuin sebagai AE, meski sempet kena tegur dari mas Akbar karena suatu kesalahan. Huehehe. Pas itu udah siap banget kalo bakalan diomelin atau dimarahin, eh ternyata malah dijelasin salahnya dimana dan seharusnya gimana. Wah, jarang-jarang nih ada pimpinan yang ga marah-marah atau ngomel pas bawahannya salah tapi malah ngajarin gimana yang bener. Thank you ya, mas Akbar!! J
Selama 2 bulan ini kayanya saya ga magang deh, tapi bersenang-senang!! Karena lebih kerasa senengnya daripada capek magangnya J Apalagi orangnya pada baik semua. Rasanya sedih juga harus balik Solo, habis udah akrab sama orang satu tim sih. Tapi mau gimana lagi, saya harus balik ke Solo karena masih harus kuliah. Tapi kalo kuliah udah kelar dan masih ada kesempatan, saya mau kok balik lagi ke Pop Cult!!

Thank you for all the memories and experiences, Pop Cult!! Kalo ada yang mau ke Solo, saya siap menemani puter-puter Solo yang bebas macet itu J

Oh iya, kalo ada yang tanya “Magang dimana?” bakal saya jawab dengan mantap, “Di Pop Cult!!” J


Sosok-sosok yang saya temui selama 2 bulan ini :)
Barisan atas kiri-kanan : mas Surya, mas Ray, mas Akbar, mas Raindy, mas Deny, Udin
Barisan bawah kiri-kanan : mas Indra, mas Dito, saya sendiri, Nana, Regia, Fai, Denis
(ini beberapa saat setelah percobaan nyemplungin saya ke kolam gagal)

9 comments:

  1. Tulisannya bagus! Ditunggu di Jakarta, yes!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Gan! Yak. Tunggu saya di Jakarta! *nyetel Tunggu Aku di Jakarta nya Sheila On 7*

      Delete
  2. halo nil, boleh minta kontak popcult gak?contact personnya juga gpp, soalnya aku cari di webnya gak ada :( thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Irene :)
      Bisa kirim email ke aku aja untuk tanya kontak Popcult ya :)

      Delete
    2. Halo Irene :)
      Bisa kirim email ke aku aja untuk tanya kontak Popcult ya :)

      Delete
  3. Halo ka Daniel, mau tanya dong kira-kira PopCult ini terima kunjungan belajar mahasiswa gitu gak yaa.. thx:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Citra! Coba kamu hubungi langsung pihak Popcultnya aja. Atau bisa ngobrol by email ke danielrevelinoarsono@gmail.com aja. Nanti coba aku bantu :)

      Delete
    2. Halo, Citra! Coba kamu hubungi langsung pihak Popcultnya aja. Atau bisa ngobrol by email ke danielrevelinoarsono@gmail.com aja. Nanti coba aku bantu :)

      Delete